SMP Negeri 3 Gombong baru-baru ini mengadakan workshop bertajuk Transformasi Pembelajaran dengan Coding untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran. Kegiatan ini dihadiri oleh para guru dari berbagai mata pelajaran yang tertarik untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang pemrograman dan penerapannya dalam pendidikan.
Narasumber dalam acara ini, Bapak Hary Susanto, seorang praktisi di bidang coding dan pemrograman, memberikan materi tentang konsep dasar objek dalam dunia coding. Dalam sesi ini, peserta workshop diajak untuk memahami bagaimana coding dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.
Workshop dimulai dengan pengenalan dasar tentang pembuatan algoritma, kemudian dilanjutkan dengan cara menuangkannya ke dalam bahasa pemrograman yang aplikatif. Para peserta secara langsung dipandu untuk membuat program yang dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran di kelas. Dengan pendekatan yang praktis dan mudah dipahami, peserta tidak hanya belajar teori, tetapi juga mendapatkan pengalaman langsung dalam menciptakan aplikasi sederhana.
Bapak Hary Susanto menyampaikan, “Melalui pemahaman coding, guru dapat menciptakan media pembelajaran yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan tantangan bagi peserta didik. Coding mengajarkan keterampilan berpikir logis dan kreatif yang sangat berguna dalam mengembangkan potensi siswa di masa depan.”
Di akhir sesi, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan materi yang telah dipelajari dengan menciptakan media pembelajaran berbasis aplikasi yang menarik dan menantang. Workshop ini bertujuan agar guru-guru di SMP Negeri 3 Gombong dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan sekaligus memperkenalkan siswa pada dunia teknologi, terutama pemrograman.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semakin banyak guru yang terampil dalam memanfaatkan teknologi, sehingga dapat membantu peserta didik dalam menghadapi tuntutan zaman yang semakin berbasis digital.